Senin, 29 Agustus 2016

Cara dan Tips Membuat mading dengan Baik dan Benar


MAU BUAT MADING MENARIK ???INI CARA DAN TIPS-NYA !!!



Majalah dinding adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya. Prinsip majalah tercermin lewat penyajiannya, baik yang berwujud tulisan, gambar, atau kombinasi dari keduanya 


Bagi kita pelajar, mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya mading guys, karena kita dapat melihatnya setiap hari di sekolah. Di sekolah, mading merupakan salah satu sarana penyaluran kreatifitas dan bakat siswa , baik itu melalui tulisan, gambar ataupun gabungan antara keduanya guys.





Dibeberapa sekolah, mading menjadi salah satu ekstrakirikuler. Bagi kalian yang ikut ekskul mading tentu tidak akan sulit untuk membuat mading yang menarik, tapi bagaimana dengan kalian yang tidak pernah ikut atau baru ikut ?, atau bagi kalian yang di sekolahnya belum punya ekskul semacam itu, tapi kalian ingin menjadikan mading sebagai salah satu sarana ekspresi diri ?. nah, kali ini gue akan share ke best reader sekalian tentang bagaimana cara dan tips membuat mading yang baik dan menarik. Langsung saja, check this out !



1.  Menentukan Tema
Tema adalah hal pertama dan utama yang harus kita pikirkan saat kita ingin membuat mading guys. Dalam menentukan tema, kita harus menggunakan kekreatifitasan dalam memlilih tema apa yang kira-kira menarik dan dapat mengundang banyak pembaca guys, atau kita juga bisa  memilih tema sesuai dengan waktu atau tanggal peringatan nasional, seperti tema guru di hari guru, tema ibu di hari ibu atau tema perjuangan di hari pahlawan, dll.
Penentuan tema ini sangat penting karena akan menjadi dasar dari segala hal yang ada di mading yang akan kita buat guys. Misalnya kita memilih tema lingkungan hidup, maka semua rubrik yang ada di mading haruslah berhubungan dengan lingkungan hidup.


2.  Merancang sketsa



contoh sketsa mading sebelum proses pembuatan

Kalau kita sudah punya tema, langkah selanjutnya adalah merancang mading semenarik mungkin guys. Kita bisa memulainya dengan membuat sketsa dan rancangan tata letak semua isi yang ada dalam mading nanti. Setelah itu, buat daftar rubrik apa saja yang akan ada dalam mading, dan disinilah kreatifitas kita sekali lagi sangat dibutuhkan. Dalam mading yang baik pasti akan memuat isi atau rubrik berikut ini.

a. Logo
Biasanya menggunakan logo-logo suatu organisasi sekolah, seperti logo sekolah atau OSIS.

b. Judul
Judul mading bisa dibuat dengan menggunakan nama sekolah (contoh: “Mading MAN Kajai”) atau judul lain yang dapat menggambarkan isi mading secara umum, dan bisa juga menggunakan singkatan-singkatan unik yang dapat menarik perharian pembaca [contoh: “MAKER” (Mading Keren)].

c. Edisi
Edisi yang dimaksud disini adalah tema (Contoh-Edisi: “Hari Guru”) atau jika isi mading bersifat umum tanpa tema khusus, kamu bisa membuat edisi berdasarkan bulan atau tanggal terbit [contoh-Edisi: Februari (jika mading terbit di bulan februari)].


d. Salam Redaksi
Merupakan sambutan/sapaan dari penyusun kepada pembaca. Misalnya “Hei, Guys ! Mading kita kali ini bertema Hari Guru. Ada artikel, cerpen, puisi, komik, emh..., pokoknya banyak deh ! Check this Out !”.


e.  Susunan Redaksi
Berisi nama-nama penyusun mading.


f.  Artikel atau Esay pendek
Artikel yang dibuat hendaknya sama atau sejalan dengan tema mading.


g. Opini
Opini berisi pendapat orang-orang dilingkungan sekolah tentang tema yang diambil. Misalnya, kita mengambil tema tentang Hari Guru, maka kita dapat mewawancarai orang-orang di sekitar lingkungan sekolah tentang bagaimana peran dan jasa seorang guru dalam kehidupan kita.


h. Berita Utama
Berita utama berisi berita yang sedang hangat-hangatnya terjadi disekitar lingkungan sekolah. Misalnya berita tentang prestasi yang baru saja dicapai sekolah atau berita tentang pelantikan pengurus ekskul baru, dll.


i.   Materi Tambahan
Jika masih banyak ruang mading yang kosong, kamu dapat menambahkan beberapa materi tambahan berikut ini supaya mading lebih menarik.
Tips mernarik
Info Unik.
Puisi & Pantun
Cerpen
Ilustrasi atau Karikatur
Komik singkat
Humor

j.   Pojok Mading
Berisi tanggapan atau komentar penyusun mengenai isi mading yang telah dibuat.


k. Hiasan
Untuk membuat isi mading menjadi lebih menarik, kita dapat menambahkan beberapa hiasan. Hiasan dapat terbuat dari kertas koran, renda, pita, kancing, biji-bijian kain perca, kain flanel, dll.


3.  Proses Pembuatan
Setelah sketsa selesai dibuat, sekarang saatnya kita mulai proses pembuatannya guys. Proses ini meliputi pembuatan rubrik dan desain mading. Rubrik yang dibuat haruslah menarik, sehingga dapat mengundang banyak pembaca guys, dan jangan lupa, rubrik yang ada haruslah sesuai dan mengikuti tema yang telah ditetapkan sebelumnya.


Selain rubrik, hal lain yang harus kita perhatikan adalah disain. Disain sangat berperan penting dalam menarik perhatian orang untuk membaca mading. Kalau disain mading sudah kelihatan bagus dari kejauhan, tentu saja orang-orang akan datang menghampiri.


4.  Publikasi (Penerbitan)
Setelah mading jadi, langkah terakhir adalah penerbitan mading !. Jangan lupa kasih tahu teman-teman di sekolah kalau madingnya sudah jadi.


Sekian Cara dan Tips Membuat Mading yang Baik & Menarik dari gue guys. Semoga bermanfaat untuk best reader sekalian dan Selamat membuat Mading !.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar